Saturday, May 19, 2012

Nostalgia Yuk!! Ama Konsol Game Jadul...

Minggu pagi yang cerah... gue isi dengan berleha-leha ria, niatnya sich cari hiburan dengan main konsol game PS2.. tapi entah kenapa, kok tiba-tiba ketika bongkar-bongkar lemari, nemu kaset-kaset nintendo gue..

Memori gue terbang ke medio tahun 90 an, dimana gue lagi bermain ria dengan Nintendo gue..
jadi inget paling susah , kalau disuruh lepas dari konsol yang satu ini...

Akhirnya setelah telaten browsing-browsing, saya nemuin artikel yang isinya bagaimana mengemulasikan Konsol Nintendo di Android..
Yuhu... bukan kepalang girang gue...
Gue gak ngebayangin Nostalgia dengan "Super Mario", "Super Mario Adventure", "Castlevania" dan "Mega man collection" yang pernah gue mainin dulu..

Hmm.. emang game-game itu , udah jadi raja pada jamannya..
Kalau masa kecil kalian pada tahun 90 an, Pasti kenal konsol-konsol semacam Sega Genesis, Game Boy Advance, Neo dll.?.

Bwat para narablogger yang Gamer..pasti punya Game favorit kalian sendiri, yang bikin kalian betah mantengin TV berjam-jam..hehe,

Nah yang saya bahas kali ini adalah emulator untuk Super Nintendo, Sega Genesis, dan Game Boy Advance..

Emulator Super Nintendo


Nah .. konsol ini nich yang bikin betah gue mantengin game berjam-jam.., Gue yakin kalian juga.. hehe
Game-game seperti Super Mario, Contra, Castlevania.. setia menemani hari-hari saya..

Untuk memainkan game ini di Android Anda, bisa gunain software SNESOID..
anda bisa dapatkan file apknya disini..
Snesoid


Screen shot salah satu game favorit gue Donkey Kong

Pertama kali cari Game Super Nintendo favorit anda, gwe rekomendasiin cari disini
http://www.coolrom.com, biasanya formatnya zip (Buat folder nintendo di SD card dan masukin download an lu disini)
Trus install file Apknya
Kamu akan diarahkan ke SD Card, dan pilih Folder nintendo yang kamu buat..
Nah tinggal pilih deh game yang kamu suka..

Game-game favorit gue


































Emulator SEGA GENESIS


Wah, kayaknya udah lama banget gak maen game ini..

Kalian udah tau kan? Sega Genesis?
Ini adalah konsol Game yang terkenal di tahun 90 an , pula ..
dan Game yang Terkenal dari Konsol ini, adalah Sonic the Hedgehog, udah pada tahu kan?

dan Gwe tertarik , membahas bagaimana cara mengemulasi konsol ini di Android.


Untuk memainkan game ini di Android Anda, bisa gunain software Gensoid..
anda bisa dapatkan file apknya disini..
Gensoid



Pertama kali cari Game Sega Genesis favorit anda, gwe rekomendasiin cari disini
http://www.coolrom.com, biasanya formatnya zip (Buat folder Sega Genesis di SD card dan masukin download an lu disini)
Trus install file Apknya
Kamu akan diarahkan ke SD Card, dan pilih Folder Sega genesis yang kamu buat..
Nah tinggal pilih deh game yang kamu suka..


Game-game SEGA Favorit Gue

Emulator Game Boy Advance






Tadi aku iseng-iseng download puluhan Game / Aplikasi untuk Android X8, aku menemukan sebuah file dengan ukuran lumayan 60 MB an dengan nama Gameboid. Karena ukurannya gede aku penasaran dan download filenya aku mengira itu ialah game android yang keren karena ukurannya yang gede tapi ternyata setelah selesai mendownload didalamnya terdapat beberapa folder yaitu ROMS dan Bios.

Setelah aku buka foldernya ternyata terdapat file dengan ekstension .gba . Wew ternyata ini emulator GBA untuk android. Langsung deh folder yang ku download tadi ditransfer ke Memory lalu file APK nya di klik untuk menginstal GameBoid.

Pertama membuka aplikasi GAMEBOID ini terjadi eror
 karena katanya tidak ada BIOS tapi tidak usah khawatir karena file yang aku download tadi sudah terdapat GBA BIOSNYA dengan nama GameBoid Bios.bin. Agar bisa dimainkan maka kita klik dimana tempat kita menaruh bios ini tadi.


Selesai Bios terdeteksi lalu saatnya memainkan game, tinggal Browse dimana letak gamenya (game dengan ekstension *.gba). Di dalam link yang aku download dan yang nanti aku share di sini sudah terdapat 11 gameboy yaitu :
Crash Bandicoot.gba
Dragon Ball.gba
Harvest Moon.gba
Kingdom Hearts.gba
Metal Slug.gba
Pokemon - Emerald.gba
Rayman.gba
Sonic.gba
Splinter Cell.gba
Super Mario.gba
The Sims.gba
Pertama memainkan game Metal Slug bingung juga karena gak mulai-mulai. Ternyata mesti dipencet tombol START yang ada dibagian atas :)

Terasa kurang nyaman juga memainkan game GAMEBOY di layar sentuh . Dilayar akan muncul keypad Virtual


File apknya
Gameboid



untuk Rom nya cari di..
http://www.coolrom.com

Tambahan untuk Cari rom

http://romhustler.net/

-http://www.freeroms.com/

-http://www.romnation.net/srv/roms.html

-http://www.rom-freaks.net/


1 komentar:

Anonymous said...

Salam kenal... Aku sekarang lagi hobi main gam nintendo. Favoritku Circus Charlie sama Ice Climber. Oya, aku mau tanya, tau nggak nama game nintendo yang cara mainnya adu cepat menekan nomor telepon yang ditampilkan, yang kalau nomernya benar penerima teleponnya senang. Yang kalau nomernya salah penerimanya marah. aku pengen banget download game nintendo yang itu, tapi aku lupa nama gamenya pa. Thanks sebelumnya...

 
Return top
 
free 7 blogger templates